Kamis, 21 April 2011

mazhab hanafi


Mazhab Hanafi ialah salah satu mazhab fiqh dalam Islam Sunni. Mazhab ini didirikan oleh Imam Abu Hanifah yang bernama lengkap Abu Hanifah bin Nu'man bin Tsabit Al-Taimi Al-Kufi, dan terkenal sebagai mazhab yang paling terbuka kepada ide modern. Mazhab ini diamalkan terutama sekali di kalangan orang Islam Sunni Mesir, Turki, anak-benua India, Tiongkok dan sebagian Afrika Barat, walaupun pelajar Islam seluruh dunia belajar dan melihat pendapatnya mengenai amalan Islam. Mazhab Hanafi merupakan mazhab terbesar dengan 30% pengikut.

Mazhab hanafiرضى الله عنه : penyusunnya yaitu Imam abu hanifah. Beliau di lahirkan pada tahun 80 Hijriah dan meninggal dunia di baghdad pada tahun 150 hijriah,beliau belajar di kufah,dan di sanalah beliau mengembangkan ilmu pengetahuan di baghdad.
Beliau memberikan penerangan kepada segenap lapisan muslimin,sehingga beliau terkenal sebagai seorang alim yang terbesar di masa itu, mahir dalam ilmu fiqh serta pandai meng'istinbatkan hukum dari alqur'an dan al hadits.

Menurut riwayat yang dapat di percaya,beliau adalah wadi' ilmu fiqh ( yang mula-mulanya menyusun ilmu fiqh sebagaimana susunan sekarang2 ini).
Beberapa ulama telah bergaul dengan Abu Hanifah,mereka pelajari mazhab beliau dan hukum yang mereka dapat dari beliau itu mereka tulis (bukukan).

Mereka sebagai pendukung mazhab Abu Hanifah. Kemudian sebagian besar dari mereka kembali menyelidik dan memeriksa hukum-hukum tadi dengan memeriksa dalil-dalilnya serta di sesuaikan dengan keadaan,kefaedahan,kemudharatannya,Sehingga beberapa di antara mereka ada yang tidak mufakat terhadap sebagian dari hukum-hukum yang telah di tetapkan oleh imam tadi,bahkan mereka tetapkan hukumnya menurut pendapat mereka sendiri,berbeda dengan pendapat Imam Abu Hanifah.

Mereka inilah yang di namakan sahabat-sahabat Abu Hanifah,di antaranya yaitu Abu Yusuf,Muhammad bin Hasan,dan Zufar, mazhab ini banyak tersiar di Baghdad,Parsi,Bukhara,Mesir,Syam, dll

Abu Hanifah mempunyai murid-murid yang meneruskan mazhab beliau. Di antara murid-murid tersebut adalah:

1. Abu Yusuf (Ya'kub bin Ibrahim Al-Anshari)

2. Muhammad bin Al-Hasan As-Shaybani

3. Zufar bin Hudhayl bin Qays Al-Kufi

4. Al-Hasan bin Ziyad Al-Lu'lu'i Al-Kufi

Begitu pun fuqaha'-fuqaha' (Ulama ahli Fiqh) yang mengikuti mazhab Imam Hanafi. Di antara mereka adalah:

1. Yahya bin Akhtam bin Muhammad bin Qatn At-Tamimi Al-Marwazi

2. Hilal bin Yahya bin Muslim Al-Basri

3. Abu Abdullah Muhammad bin Shuja' Al-Tsalji

4. Ahmad bin Al-Hasan Abu Sa'id Al-Barda'i

5. Muhammad bin Musa bin Muhammad Abu Bakr Al-Khawarizmi

6. 'Ala' Ad-Din Muhammad bin Ahmad bin Abi Ahmad As-Samarqandi

7. 'Ala' Ad-Din Abu Bakr bin Mas'ud bin Ahmad Al-Kasani

8. Muhammad Amin bin Umar bin Abdul Aziz Ad-Dimasyqi (Ibn Abidin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar