Kamis, 21 April 2011

mazhab syafi.i


Mazhab Syafi'i , Nama penyusunnya yaitu Muhammad bin Idris bin Syafi'i, keturunan bangsa Quraisy. Beliau di lahrkan di Khuzzah tahun 150 Hijriah dan meninggal dunia di Mesir tahun 204 Hijriah. Sewaktu berumur 7 tahun, beliau telah hafal Al-Qur'an. Setelah berumur 10 tahun, beliau hafal Al-Muwattha (kitab guru beliau, Imam Malik).

Setelah beliau berumur 20 tahun, beliau mendapat izin dari gurunya (Muslim bin Khalid) untuk berfatwa. Kata Ali bin Usman, "Saya tidak pernah melihat seseorang yang lebih pintar dari pada Syafi'i. Sesungguhnya tidak ada seorang pun yang menyamainya di masa itu. Ia pintar dalam segala pengetahuan, sehingga bila ia melontarkan anak panah, dapat dijamin 90% akan mengenai sasaran".

Ketika berumur hampir 20 tahun, beliau pergi ke Madinah,karena mendengar kabar tentang Imam Malik yang begitu terkenal sebagai seorang ulama besar dalam ilmu hadits dan fiqh. Di sana beliau belajar kepada Imam Malik. Kemudian beliau pergi ke Irak, di sana bergaul dengan sahabat-sahabat Imam Abu Hanifah. Beliau terus ke parsi dan beberapa negeri lain. Kira-kira dua tahun lamanya beliau dalam perjalanan ini.

Dalam perjalanan ke negeri itu bertambahlah pengetahuan beliau tentang keadaan penghidupan dan tabi'at manusia. Misalnya keadaan yang menimbulkan perbedaan adat dan akhlaq, sangat berguna bagi beliau sebagai alat untuk mempertimbangkan hukum peristiwa-peristiwa yang akan beliau hadapi. Kemudian beliau di minta oleh Khalifah Harun Ar-Rasyid supaya tetap tinggal di baghdad. Setelah menetap di baghdad,di sanalah beliau menyiarkan agama, dan pendapat "qadim" (pendapat beliau yang pertama).

Kemudian beliau kembali ke Makkah hingga tahun 198 Hijriah. Pada tahun itu pula beliau pergi ke Mesir,di sanalah beliau menyusun pendapat beliau yang baru "(qaulul jadid)".

Kata-kata Syafi'i yang sangat perlu menjadi perhatian,terutama bagi ulama yang mendukung dan mengikuti mazhab Syafi'i, ialah : "Apabila hadits itu sah, itulah mazhabku,dan buanglah perkataanku yang timbul dari ijtihadku". Pengikut mazhab Syafi'i yang terbanyak ialah di Mesir, Kurdistan, Yaman, Aden, Hadramaut, Makkah, Pakistan, dan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar